• Terbaru

    27 Maret 2015

    Menyembunyikan Drive pada Komputer dengan Command Prompt

    Menyembunyikan Drive pada Komputer dengan Command Prompt - Karena alasan tertentu, para pengguna PC atau Notebook menginginkan salah satu atau beberapa drive yang tidak diperlukan untuk disembunyikan. Ada mungkin yang mempunyai alasan soal keamanan, misalnya drive D, E atau F yang merupakan drive yang sangat penting seperti drive untuk Recovery supaya tidak rusak atau terganggu maka sebaiknya drive itu disembunyikan (seperti yang saya miliki pada screenshot di bawah).

    Berikut ini akan saya uraikan langkah demi langkah untuk menyembunyikan atau menghilangkan drive dari tampilan windows kita melalui Command Prompt (ada cara yang lain melalui Regedit dan Group Policy Editor akan saya jelaskan lain waktu.
    Langsung saja akan saya uraikan langkah yang dimaksud melalui Command Prompt yaitu dengan menggunakan perintah diskpart.
    • Klik Start > Run (atau tekan tombol windows bersamaan dengan tombol R pada keyboard)
    • Ketik cmd > Enter atau klik OK
    • Ketik diskpart > Enter
    • Ketik list volume > Enter (untuk melihat list drive yang ada pada pc sobat)
    • Tentukan Drive yang akan disembunyikan atau dihilangkan, misalnya disini saya akan menyembunyikan drive F (drive untuk recovery system untuk pc saya)
    • Ketik select volume 2 > Enter
    • Ketik remove letter F > Enter
    • Selesai (silahkan tutup jendela command prompt sobat dengan command Exit atau klik tombol Close)

    Untuk melihat hasilnya silahkan sobat buka My Computer atau Windows Explorer, mungkin pada beberapa kasus pc harus di-restart terlebih dahulu untuk melihat hasilnya.

    Untuk menampilkan kembali drive yang disembunyikan, lakukan hal yang sama dari awal dan pada langkah akhir ketik assign letter F.
    Demikian sedikit tips kecil dari saya, bukan hal yang baru tapi masih perlu untuk di share untuk generasi berikutnya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Download

    Software

    Tips & Trik