• Terbaru

    12 Januari 2017

    Membuat Foto Mozaik dengan Photoshop

    Membuat Photo Mozaik dengan Photoshop - Pada kesempatan ini saya akan mencoba untuk memberikan sedikit tips bagaimana kita membuat Foto Mozaik dengan hanya menggunakan Photoshop. Ini hanya sebuah permainan seni ya, jadi jika ada yang kurang berkenan atau kurang suka desain nya, mohon dimaafkan.

    Kali ini saya akan menggunakan foto dari Ariel Tatum, seorang gadis cantik yang sering main di film FTV, kebetulan saya cukup senang menonton film-film FTV dan Ariel Tatum adalah salah satu artis idola saya, cantik soalnya 😜.
     
    Ok langsung saja kita mulai bagaimana membuat nya, tapi satu hal yang harus diingat, seni saya dengan kalian pasti beda, kesukaan saya dengan kalian pasti juga beda, jadi nanti disesuaikan saja ya.
    Langkah 1. Langsung saja dibuka foto nya Ariel Tatum di Photoshop (versi photoshop nya boleh apa saja). Bagi yang belum punya foto nya silahkan download disini...
    Screenshot yang ini saya udah ganti nama fotonya ya, sebelumnya namanya Layer 1 (caranya klik dulu Layer 1 tersebut kemudian klik menu Layer dan pilih Rename Layer, isi namanya trus Enter.

    Langkah 2. Selanjutnya kita akan membuat Frame untuk foto tersebut. Pada bagian kiri layar photoshop kalian, ada beberapa toolbar, nah silahkan klik toolbar Rectangle atau dengan cara menekan tombol U pada keyboard. Jika yang muncul bukan kotak melainkan lingkaran atau yang lainnya, silahkan tekan tombol SHIFT + U berulang-ulang sampai berubah menjadi kotak.
    Langkah 3. Buatlah kotak pertama di dalam foto nya Ariel Tatum dengan cara KLIK + TAHAN + GESER (ukurannya bisa disesuaikan)
     Langkah 4. Buatlah kotak kedua di dalam kotak pertama tadi dengan cara yang sama dan ukurannya juga bisa disesuaikan, setelah itu silahkan ganti nama layer dari masing-masing kotak tersebut dengan nama Frame Kecil dan Frame Besar (boleh di ganti boleh tidak).

    Langkah 5. Isikan Layer Style dari kedua kotak yang sudah dibuat tadi dengan cara klik layer yang mau diisi effect kemudian klik menu Layer dan pilih Layer Style, setelah itu pilih effect yang diinginkan.
    • Kotak yang pertama diisi layer style STROKE. (silahkan diatur sesuai selera kalian)
    • Kotak yang kedua diisi layer style SROKE dan DROP SHADOW. (silahkan diatur sesuai selera kalian)
    Langkah 6. Sampai disini yang diperlukan sudah lengkap yaitu foto dan frame. Untuk langkah selanjutnya foto Ariel Tatum itu harus dimasukkan ke dalam frame. Caranya geser layer Ariel Tatum ke atas dan taruh tepat di atas layer Frame Kecil. Kemudian tekan tombol CTRL + ALT sambil mengklik garis yang ada di antara layer Ariel Tatum dan Frame Kecil dan lihat apa yang terjadi.
    Langkah 7.  Berikutnya kita akan mengikat layer Frame Besar dan Frame Kecil menjadi 1, supaya nanti jika kita mau menggeser frame tersebut gampang. Caranya klik layer Frame Besar kemudian tekan dan tahan tombol SHIFT (di keyboard) sambil meng klik layer Frame Kecil, lalu klik kanan pada salah satu layer tersebut dan pilih Link Layers.
    Langkah 8. Sekarang kita akan menjadikan ke-3 layer tersebut menjadi 1 group, caranya sama dengan yang di atas klik layer Frame Besar kemudian tekan dan tahan tombol SHIFT (di keyboard) sambil meng klik layer Frame Kecil dan layer Ariel Tatum, lalu klik kanan pada salah satu layer tersebut dan pilih Group from Layers...
    Langkah 9. Untuk membuat frame yang banyak dan berbentuk mosaic, kita tinggal meng copy frame yang tadi sudah dibuat, caranya klik kanan pada Group 1 kemudian pilih Duplicate Group...
    Langkah 10. Sekarang klik frame yang tadi sudah di duplicate (copy) kemudian geser dan atur posisi dan kemiringan nya sesuai keinginan kalian. Jika ingin memutar atau memperkecil ukuran frame caranya tekan CTRL + T kemudian atur dengan mouse ukuran dan kemiringan nya dan jika sudah tinggal klik Enter.
    Lakukan langkah 9 dan 10 di atas berulang ulang, sampai frame nya menjadi banyak dan habis itu SELESAI...

    Bagaimana hasilnya? Bagus, kurang greget, kurang pas, sangat bagus, memuaskan atau gimana? Yang sudah jadi boleh kirim via comment di bawah ya..., biar kita bisa saling tau seni kalian masing-masing.

    Terima kasih dan salam...

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Download

    Software

    Tips & Trik